home
fb icon

SHORT TALK

Jangan Beralih Dari Jejak Semula

Ada kisah tentang seekor anjing pemburu yang suatu hari melacak jejak seekor rusa. Tetapi setelah beberapa saat  lamanya setelah tak ada tanda-tanda  munculnya rusa, anjing pemburu mengalihkan perhatiannya pada jejak yang dirasa lebih baru, yaitu jejak seekor rubah. Saat mulai melacak rubah, anjing pemburu yakin bahwa ia akan dapat menangkap rubah. Selama usaha pelacakan itu ia menemukan adanya jejak hewan lain yaitu jejak seekor kelinci.  Jadi, dari jam ke jam anjing pemburu hanya lalu-lalang tanpa sasaran yang pasti. Ia mengakhiri hari itu hanya dengan menggali sebuah lubang tikus.

Maksud-Maksud Yang Baik

Ada banyak orang yang menghabiskan waktunya seperti yang dilakukan anjing pemburu dalam kisah singkat di atas. Mereka memulai tahun baru dengan maksud-maksud yang baik dan berharap dapat mencapai banyak hal.

Tetapi itu tak lama sampai sesuatu atau  hal lainnya mengalihkan perhatiannya sehingga mereka beralih ke jejak yang lain. Mereka tergoda untuk melacak jejak lain yang sama sekali belum pernah masuk dalam rencana mereka. Hal ini berlangsung berulang-ulang sepanjang tahun dan ketika tahun berakhir mereka menyadari bahwa mereka sama sekali tidak mencapai tujuan semula.

Ketekunan

Dalam dunia bisnis, orang yang sukses harus memiliki program dan mengarahkan pandangannya pada program itu. Dalam zaman spesialisasi, orang yang memiliki keahlian setengah-setengah dan tidak mumpuni dalam segala hal, maka orang tersebut akan selalu berganti pekerjaan dan tidak beroleh tempat. Dibutuhkan ketekunan dan  pantang menyerah bukannya keputus-asaan untuk menyelesaikan pekerjaan dan cita-cita yang berharga. Dikisahkan bahwa Edison mengerjakan eksperimennya lebih dari seratus kali sebelum akhirnya lampu listrik disempurnakan. Dia tekun untuk melakukan sesuatu sesuai tujuannya.

Waspadalah Akan Adanya Godaan!

Barangkali saja sebagian di antara orang muda mengawali tahun dengan keinginan untuk bergabung dengan kelompok pelayanan di gereja, misalnya kelompok Bible Studi. Mereka tergerak untuk dan berharap untuk menuai sukses di akhir tahun pelayanan. Tetapi, tak lama kemudian ada organisasi dan kelompok lain menawari mereka untuk menjadi anggota komunitas tersebut. Kebetulan para orang muda itu beranggapan bahwa pelayanan di gereja menuntut tanggung jawab dan usaha yang besar, maka mereka tergoda untuk mengabaikan pelayanan itu dan beralih ke jejak yang baru.  Memang benar bahwa hal-hal yang menarik adalah hal-hal yang nampak bagus.

Tetapi kita adalah orang-orang yang   telah menerima tanggung jawab untuk Tuhan dan harus melihat bahwa tanggung-jawab itu harus dilakukan dengan usaha terbaik dan ter-maksimal. Sebagian besar di antara kita pasti memiliki kerinduan untuk membaca Alkitab setiap hari pada tahun ini dan barangkali ingin menghafal sedikitnya satu ayat pilihan setiap hari. Akan tetapi, tak lama sesudah itu kita menemukan bermacam-macam jejak yang memotong tekat baik semula kita. Kita tergoda untuk mengesampingkan tekad itu.

Sebagian besar pelajaran itu akan lebih menekan dan menyulitkan jika sudah mencapai tahap akhir perkuliahan. Tetapi perlu diingat bahwa setelah itu musim liburan akan menjadi sangat menyenangkan bila kita mampu menyelesaikan perkuliahan dengan baik. Ada saatnya kita terkulai  lemas kelelahan sehingga kita lebih memilih untuk berkata, “Sebaiknya  saya melewati satu hari bacaan Alkitab untuk hari ini.” Sesungguhnya kalau kita sudah berkata demikian maka tanpa kita sadari  ternyata kita telah menjauh dari jejak itu dan pindah ke lain jejak.

Tetaplah Dalam Jejak “Yang Itu”!

Barangkali Anda berkata: “Tahun ini saya akan menciptakan suasana yang lebih menyenangkan bagi semua orang di rumah.” Itu merupakan ketetapan hati yang bagus. Semoga saja memang akan terjadi demikian.  Tetapi waspadalah  akan adanya jejak lain yang ada di hadapan Anda. Diyakini bahwa tahun ini Anda akan memiliki lebih banyak teman, lebih banyak tempat tujuan, dan lebih banyak pekerjaan untuk dirampungkan. Tetapi, tetaplah berada di jejak semula dengan tujuan yang lebih bermakna bagi pola hidup Anda.  JANGAN BERALIH DARI JEJAK SEMULA!

J. Vernon Jacobs (60 short talks)-Berita Mimbar Magazine

 

 

 

amg                                                             Yayasan Berita Hidup