home
fb icon

MUTIARA IMAN

MENGUJI KEMURNIAN IMAN

Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! … dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.” (Wah 2:10)

Seringkali dalam hidup ini iman kita diperhadapkan dengan ujian. Ada saatnya kita merasa bahwa Allah meninggalkan kita karena doa-doa kita belum terjawab seperti yang kita harapkan. Ketahuilah bahwa Firman Tuhan mengatakan “Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.”  (1Pet 1:6-7)

Juga perlu kita pahami bahwa kadang-kadang doa kita tidaklah sama dengan kehendak terbaik-Nya untuk kita. “Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.”  (1Yoh 5:14).

Tanpa kita sadari seringkali yang kita doakan justru memungkinkan berbuntut pada luka hati kita sehingga Bapa kita di sorga mencegah hal itu terjadi. Benarlah bahwa ada kalanya kita benar-benar tidak memahami jalan Tuhan “tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah”. (1 Kor 2:11).

Kita tidak pernah mampu memikirkan betapa Ia mengasihi kita sehingga Ia tak akan pernah membiarkan kita sendirian dan tak pernah bermaksud menyakiti kita.  Dengan demikian kita harus menjaga iman kita agar tetap tersadar bahwa apapun yang terjadi pada kita, Dia-lah Pemegang kendali. Penting bagi kita untuk “hidup karena percaya, bukan karena melihat: (2Kor 5:7) dan mengimani bahwa   Tuhan mengerti yang terbaik untuk kita, bahkan ketika doa belum terjawab.

Pastor Allen

 

 

 

amg                                                             Yayasan Berita Hidup